Knowledgebase
Cara Melakukan Stock Opname pada Program Zahir Accounting
Dipos oleh Firman Ilkha pada 16 July 2012 02:21 PM

Setiap perusahaan atau pelaku bisnis yang bergerang dalam bidang perdagangan barang, tentunya disaat-saat tertentu, bisa mingguan atau mungkin bulanan, akan melakukan proses stok opname, dimana proses stock opname ini adalah sebuah proses pencocokan antara pencatatan data produk yang Kita catat khususnya dalam program Zahir Accounting dengan jumlah fisiknya, karena tidak menutup kemungkinan jumlah yang tercatat dalam program berbeda dengan jumlah secara fisiknya, perbedaan ini bisa disebabkan karena ada pengeluaran yang tidak tercatat, ada barang yang sudah tidak layak jual, atau mungkin terdapat selisih karena barang hilang, untuk itulah di waktu-waktu tertentu Kita melakukan proses stok opname untuk menyamakan jumlah antara pencatatan secara programdengan pencatatan secara fisiknya.

Didalam program Zahir Accounting khususnya yang memiliki modul “Inventory”, pasti ada atau telah dilengkapi dengan menu stock opname, lalu bagaimana cara pengoprasiannya atau penggunaan menu stock opname tersebut, berikut adalah informasi cara penggunaanya :

1. Pilih menu persediaan > stock opname, jika program Zahir Anda memiliki modul multi gudang, ketika Anda pilih menu stoock opname, yang akan muncul selanjutnya adalah data nama gudang, anda diharuskan memilih, gudang mana yang akan Anda lakukan proses stock opname, jika anda tidak memiliki modul multi gudang, akan langsung tampil form stock opname.

 

2. Pada form stock opname tersebut, Anda akan melihat kolom “tersedia buku” dan “tersedia fisik” , untuk melakukan proses stock opname, silahkan Anda isikan pada kolom tersedia fisik jumlah real barang yang tersedia, jika ada selisih dengan data yang tersedia pada buku, nilai dari selisihnya akan otomatis tertera pada kolom selisih.

 

3. jika sudah terisi semua pada kolom tersedia fisik, klik proses > isikan akun yang digunakan untuk menjurnal proses stock opname tersebut, jika sudah terisi, klik lanjutkan.

 

4. Anda akan melihat form pemakaian/penyesuaian barang, cek mulai dari tanggal, nomor referensi hingga keterangan, jika sudah, klik rekam.

 

Dengan begitu, selesai sudah proses stock opname pada program Zahir Accounting

 

Sumber: Blog Software Bisnis Zahir

www.zahiraccounting.com/id

(12 vote(s))
Artikel ini membantu
Artikel ini tidak membantu

© 2014 PT Zahir Internasional, unless otherwise noted. > EULA | Situs Web Zahir Lainnya | Tentang Zahir
Catatan: Situs web ini mengandung konten yang mensyaratkan Anda terdaftar dan login agar Anda dapat mengakses penuh.