Knowledgebase
Cara Tutup Buku Akhir Tahun dan Cara Membukanya Lagi untuk Koreksi Transaksi
Dipos oleh Eko Budi Cahyono pada 19 April 2013 09:56 AM

Berikut ini langkah menutup buku akhir tahun:

  • Sebelum melakukan proses tutup buku tahun, sebaiknya anda memeriksa seluruh transaksi dalam periode tahun berjalan tersebut. Dan pastikan tidak ada lagi penginputan transaksi dan koreksi transaksi untuk periode tahun yang akan ditutup.
  • Backup data keuangan Anda sebelum memproses tutup buku tahunan.
    Untuk melakukan proses tutup buku tahun. Klik Tutup Buku > Tutup Buku Akhir Tahun.
  • Proses tutup buku tahun akan membuat jurnal penyesuaian untuk tutup buku tahun secara otomatis, dengan memindahkan saldo laba tahun berjalan kepada saldo laba ditahan.
  • Setelah proses tutup buku tahun anda tidak lagi dapat melakukan pencatatan transaksi keuangan pada tahun yang telah ditutup.

 

Pada dasarnya pembukuan yang telah tutup buku akhir tahun tidak dapat dibuka lagi karena status sudah terkunci secara database, namun jika ternyata ada transaksi atau saldo awal yang perlu dibetulkan/ dikoreksi, pengguna masih tetap dapat membukanya dengan dua cara sebagai berikut:
  • Buka/ restore database backup berekstensi .GBK. Ini adalah database backup terakhir sebelum tutup buku akhir tahun dilakukan. Database backup terkahir bermakna bahwa setelah proses backup telah dipastikan tidak ada tindakan lagi seperti input, hapus, sunting, atau segala tindakan perubahan transaksi. Jika setelah backup sudah ada tindakan itu, proses restore sangat tidak disarankan karena tindakan yang telah dilakukan itu tidak terekam dalam data backup dan sudah tentu tindakan itu tidak akan ada di database hasil restore (GDB). Proses buka/ restore database backup dilakukan dari menu utama Zahir Accounting > buka file backup.
  • Jika langkah buka file backup tidak memungkinkan, hubungi Customer Support di beranda website ini lalu pilih Ajukan Bantuan atau hubungi (021)7197766 untuk mendapatkan prosedur pembukaan tahun.
(119 vote(s))
Artikel ini membantu
Artikel ini tidak membantu

© 2014 PT Zahir Internasional, unless otherwise noted. > EULA | Situs Web Zahir Lainnya | Tentang Zahir
Catatan: Situs web ini mengandung konten yang mensyaratkan Anda terdaftar dan login agar Anda dapat mengakses penuh.