Knowledgebase
Transaksi Melibatkan Rekening Nol Saat Input Uang Muka
Dipos oleh Agus Juanda pada 11 October 2016 04:24 PM

Pada program Zahir Accounting 6 terdapat fasilitas uang muka baik penjualan maupun pembelian yang diinput tersendiri pada modul Penjualan atau Pembelian. Sedangkan pada program zahir accounting 5.1, penginputan uang muka masih dilakukan pada modul kas masuk atau kas keluar. Fasilitas uang muka ini memungkinkan anda untuk memilih uang muka yang akan ditarik pada penjualan atau pembelian. Namun pernahkah anda mengalami kegagalan saat menginput uang muka dengan pesan "Transaksi melibatkan Rekening 0 !!, ini tidak dibenarkan, mohon periksa kembali!"

 

Saat anda klik OK pada pesan perhatian diatas maka, tampilan akan kembali pada form uang muka yang anda input namun dalam kondisi tombol-tombol yang ada pada form tersebut tidak aktif. Sehingga anda harus menutup paksa program zahir melalui windows task manager. 

 

Hal diatas terjadi karena kosongnya akun penting uang muka pada data mata uang. Cek pada modul Data - Data > Daftar Mata Uang > Edit salah satu mata uang yang ada pada daftar mata uang. Pilih tab Akun Penting, kemudian pastikan kolom akun Uang Muka Pembelian dan Penjualan diisi.

Biasanya kekosongan akun pada kolom Uang Muka tersebut dikarenakan upgrade dari zahir accounting versi 5.1 ke zahir accounting versi 6. Dimana pada zahir accounting versi 5.1 tidak ada fasilitas uang muka, sehingga tidak ada akun penting uang muka di data mata uang.

(1 vote(s))
Artikel ini membantu
Artikel ini tidak membantu

© 2014 PT Zahir Internasional, unless otherwise noted. > EULA | Situs Web Zahir Lainnya | Tentang Zahir
Catatan: Situs web ini mengandung konten yang mensyaratkan Anda terdaftar dan login agar Anda dapat mengakses penuh.