Silakan Registrasi dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh
Alamat e-mail Anda
Masukkan Kata Sandi
Masukkan email anda untuk berlangganan berita
 

Sales
0811 98 66 999



CS Jakarta
0811 201 7766



CS Jakarta 2
0811 203 7766



CS Malang
0811 101 5567



CS Yogyakarta
0822 2134 5599




CS Surabaya
081-1757-7444




Knowledgebase
Catatan atas Transaksi
Dipos oleh Firman Ilkha pada 26 July 2012 11:19 AM

oleh Jeffry Luqman

 

Ada menu pada Zahir Accounting yang banyak orang yang tidak menyadarinya, yaitu catatan atas transaksi, dengan menu ini kita bisa memberikan informasi apapun terkait dengan transaksi yang bersangkutan sesuai dengan kebutuhan kita, dan yang membuat menu ini sangat bermanfaat adalah kita bisa memunculkannya di faktur ataupun laporan.

Untuk memunculkannya klik setting >> setup program >> transaksi penjualan dan pembelian >> beri tanda checklist pada pilihan (tampilkan “catatan” pada transaksi penjualan dan pembelian) >> rekam.

GBR1

 

 

GBR2

 

Berikut ini tampilan input penjualan (pengiriman barang) yang sudah dimunculkan menu catatan atas transaksi. Walaupun tampilannya terlihat sempit, sebenarnya kita bisa input lebih dari satu baris, yaitu dengan menekan ctrl + enter.

GBR3

 

Untuk memunculkannya di faktur penjualan terlebih dahulu kita masuk ke menu desain faktur (klik kanan transaksi yang bersangkutan >> cetak faktur >> pilih faktur yang ingin kita desain >> desain).

Pada menu desain faktur tersebut kita tinggal mendragnya dari field yang tersedia (untuk memunculkannya klik tools >> tollbars >> checklist pilihan insert data field >>  untuk bagian atas, pilih qryFakturPenjualan >> untuk bagian bawah, pilih NOTE >> klik tahan dan dilepas di tempat yang diinginkan)

GBR4

 

Berikut ini tampilan faktur yang sudah disisipkan catatan atas transaksi dengan baris catatan lebih dari satu baris.

GBR5

 

Untuk memunculkannya di laporan penjualan terlebih dahulu kita masuk ke menu desain laporan (klik kanan laporan yang ingin kita desain >> desain).

GBR6

 

Pada menu desain laporan tersebut kita tinggal mendragnya dari field yang tersedia (untuk memunculkannya klik view >> tollbars >> checklist pilihan Data Tree >>  Pada Sales Master, pilih SALESNOTE >> klik tahan dan dilepas di tempat yang diinginkan)

GBR7

 

Berikut ini tampilan Laporan yang sudah disisipkan catatan atas transaksi dengan baris catatan lebih dari satu baris.

GBR8

 

Sekian catatan atas transaksi. Untuk selanjutnya Anda bisa bereksplorasi sendiri sesuai dengan kebutuhan. Semoga bermanfaat.

(1 vote(s))
Artikel ini membantu
Artikel ini tidak membantu

Ulasan (0)
Sampaikan ulasan baru
 
 
Nama Lengkap:
E-mail:
Ulasan:
© 2013 PT Zahir Internasional, unless otherwise noted. >EULA | Situs Web Zahir Lainnya | Tentang Zahir
Catatan: Situs web ini mengandung konten yang mensyaratkan Anda terdaftar dan login agar Anda dapat mengakses penuh.