Silakan Registrasi dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh
Alamat e-mail Anda
Masukkan Kata Sandi
Masukkan email anda untuk berlangganan berita
 

Sales
0811 98 66 999



CS Jakarta
0811 201 7766



CS Jakarta 2
0811 203 7766



CS Malang
0811 101 5567



CS Yogyakarta
0822 2134 5599




CS Surabaya
081-1757-7444




Knowledgebase
Pengisian Saldo Awal Persediaan
Dipos oleh Eko Budi Cahyono pada 16 July 2013 02:29 PM
Isilah data saldo awal persediaan untuk setiap produk sesuai dengan saldo akhir produk pada periode sebelum periode awal pembuatan data. Pengisian saldo awal persediaan berfungsi untuk mencatat saldo awal setiap barang / persediaan pada awal periode transaksi pembuatan data keuangan. Misalnya Anda membuat data keuangan dengan periode awal Januari 2008, Jika anda mempunyai informasi stock digudang per 31 Desember 2007, maka nilai stok dan harga pokok untuk masing-masing barang / persediaan dapat anda catat pada saldo awal persediaan. Jumlah stock untuk masing-masing barang persediaan yang sudah anda input, akan mengupdate jumlah stock (tersedia) pada masing-masing data barang/produk.

Catatan: Total jumlah nilai persediaan yang anda catat pada saldo awal persediaan harus sama dengan jumlah saldo persediaan yang ada pada saldo awal akun. Jika terdapat selisih atau perbedaan antara pencatatan saldo persediaan di saldo awal akun dengan yang terdapat pada saldo awal persediaan, dapat menyebabkan selisih atau perbedaan antara saldo di laporan mutasi persediaan dengansaldo persediaan di laporan neraca.

Berikut ini langkah-langkah pengisian saldo awal persediaan :
  1. Klik [Setting] > [Saldo Awal] > [Saldo Awal Persediaan]
  2. Klik tombol [Baru] untuk mencatat saldo awal persediaan untuk masing-masing barang / persediaan.
  3. Jika anda memiliki fasilitas multi warehouse (gudang) anda dapat menentukan saldo awal persediaan untuk dimasing-masing gudang pada kolom gudang. Jika anda belum membuat data gudang, anda bisa menginput data gudang pada kolom gudang, klik icon mouse kecil sebelah kanan untuk memilih data gudang. Jika data gudang belum ada klik tombol [Baru] pada kotak pilihan gudang.
  4. Masukkan data barang yang sudah diinput sebelumnya, jika anda belum menginput data barang maka anda bisa klik tombol baru pada menu input data barang.
  5. Masukkan jumlah stock awal untuk barang tersebut. Anda dapat mendapatkan informasi stock awal tersebut dari perhitungan secara fisik jumlah barang di gudang pada akhir periode sebelum periode awal pembuatan data keuangan.
  6. Tentukan nilai harga pokok satuan barang tersebut. Sesuai harga pokok pada akhir periode sebelum periode awal pembuatan data keuangan.
  7. Jika produk merupakan produk yang menggunakan serial number maka pada kotak ini akan terdapat tanda ceklist.

    Pastikan anda menginput nomor seri sebanyak jumlah yang ada tentukan pada kotak stock awal untuk barang dengan nomor seri.
  8. Jika produk merupakan produk yang menggunakan nomor lot maka pada kotak ini akan terdapat tanda ceklist.

    Pastikan anda menginput nomor lot sebanyak jumlah yang ada tentukan pada kotak stock awal untuk barang dengan nomor lot.
  9. Klik tombol rekam untuk menyimpan data saldo awal persediaan.
(107 vote(s))
Artikel ini membantu
Artikel ini tidak membantu

Ulasan (6)
puspitaningrum
04 June 2013 01:24 PM
apakah bisa untuk input persediaan awal memakai 2 mata uang misal rupiah n dollar?
Firman
04 June 2013 02:56 PM
Hai Ibu Puspitaningrum. Data persediaan mengacu pada satu mata uang yaitu mata uang dasar yang ditentukan sejak awal pembuatan database baru sehingga saldo awal persediaan tetap mengacu pada satu mata uang saja dari mata uang dasar/ fungsional.
ratna
20 December 2013 05:45 PM
zahir yangmana aja yang bisa menggunakan serial number apa zahir small bisa? trus cara menginput data serial numbernya bagaimana kalo bisa pada zahir small

juga untuk memasukkan user admin dan sales dan sebagainya masuk pada menu apa

salam ratna (pengguna zahir small)
syaiful
21 December 2013 09:24 AM
terima kasih atas pertanyaan yang ibu Ratna sampaikan mengenai modul serial number,
untuk paket Small Business memang belum dilengkapi modul "serial number", hanya saja, jika memang Anda membutuhkan modul tersebut, Anda bisa melakukan penambahan modul tersebut untuk bagian yang membutuhkan, silahkan hubingi bagian marketing Kami untuk mendapatkan informasi lebih jelas mengenai modul "serial number" termasuk harga dari modul tersebut di nomor 021-7197766.
Pst
23 March 2014 09:09 PM
Dulu ada, tapi sekarang sulit skelai di dapat bahkan beberapa toko buku sudah tidak bekerjasama lagi karena stok yg ada rata-rata sudah dibeli para alumni sebagai pegangan training. Stok kami aja datang langsung dari penerbit dan harus dlm jumlah besar pesannya
Henny
04 March 2018 03:43 PM
Saya sudah menginput saldo awal persediaan, baik itu jumlah barang maupun nominalnya. Namun pada laporan mutasi persediaan barang, saldo awal 0, sedangkan pada jurnal barang umum, saldo dan jumlah barang ada. Apakah bisa dibantu?
Sampaikan ulasan baru
 
 
Nama Lengkap:
E-mail:
Ulasan:
© 2013 PT Zahir Internasional, unless otherwise noted. >EULA | Situs Web Zahir Lainnya | Tentang Zahir
Catatan: Situs web ini mengandung konten yang mensyaratkan Anda terdaftar dan login agar Anda dapat mengakses penuh.