Silakan Registrasi dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh
Alamat e-mail Anda
Masukkan Kata Sandi
Masukkan email anda untuk berlangganan berita
 

Sales
0811 98 66 999



CS Jakarta
0811 201 7766



CS Jakarta 2
0811 203 7766



CS Malang
0811 101 5567



CS Yogyakarta
0822 2134 5599




CS Surabaya
081-1757-7444




Knowledgebase
Definisi Akuntansi, Rekening, dan Jurnal
Dipos oleh Eko Budi Cahyono pada 31 May 2012 10:57 AM
Untuk menunjang pengenalan mengenai program Zahir Accounting, berikut ini kami berikan teori mengenai Akuntansi Dasar yang dapat membantu Anda mengenal logika Zahir Accounting sebagai software akuntansi yang integrated.

Definisi Akuntansi

Secara Definisi, Akuntansi adalah proses mengidentifikasikan, penggolongan, penyortiran, pengikhtisaran dan penyajian transaksi keuangan (informasi ekonomi), sehingga dapat dilakukan penilaian dan pengambilan keputusan oleh pemakai informasi tersebut.

Tips : Saat Anda mempelajari bagian ini, Anda tidak perlu merasa bingung saat menemukan istilah atau teori yang sulit, karena dalam Zahir Accounting Anda akan lebih banyak menginput data menggunakan form yang serupa dengan dunia nyata. Jika Anda mulai menemukan kesulitan tentang bagaimana membuat transaksi dan menemukan kasus-kasus khusus dan spesifik, maka pelajarilah teori akuntansi lebih mendalam dari buku-buku akuntansi yang banyak beredar di pasaran.

Rekening

Rekening adalah pos-pos yang digunakan untuk menyimpulkan seluruh kenaikan dan penurunan untuk harta tertentu, seperti kas, atau harta lain, hutang dan modal, pendapatan dan biaya.

Rekening disebut juga sebagai akun, atau perkiraan atau account (dalam bahasa Inggris)

Contoh rekening yang paling sederhana adalah rekening tabungan Anda dibank. Namun dalam akuntansi lebih banyak lagi rekening - rekening lain, seperti rekening piutang usaha, persediaan, modal, dll...

Open in new window

Penggolongan Rekening

Pencatatan transaksi ini digolongkan ke dalam kelompok rekening yang sesuai agar dapat dibuat ringkasan, yang kemudian disajikan ke dalam bentuk laporan keuangan. Lihat penjelasan Data Akun dan Klasifikasi Akun

Jurnal

Jurnal adalah rekaman dari suatu transaksi keuangan yang dibuat berdasarkan urutan kejadiaannya, informasi yang diperlukan dalam membuat jurnal adalah rekening yang menjadi bagian transaksi, nilai transaksi debit atau kredit. Contoh jurnal yang paling sederhana adalah jurnal umum. Seperti transaksi penerimaan modal berikut :

Open in new window
(219 vote(s))
Artikel ini membantu
Artikel ini tidak membantu

Ulasan (2)
Heryxmas Jacobus
14 January 2013 03:50 PM
Menurut saya program Zahir ini sudah cukup bagus namun kekurangannya adalah belum bisa membuat jurnal otomatis dari data xl tapi hanya bisa impor kode perkiraan dari xl. Agar program ini lebih canggih lagi mohon ditambahkan fasilitas pencatatan jurnal tanpa harus input jurnal. Terima kasih
Firman I.
15 January 2013 12:01 PM
Terima kasih atas saran Anda bung Heryxmas. Saat ini memang fasilitas tersebut tidak dibuat agar pencatatan dilakukan langsung di fasilitas yang sudah disediakan di Zahir Accounting.
Sampaikan ulasan baru
 
 
Nama Lengkap:
E-mail:
Ulasan:
© 2013 PT Zahir Internasional, unless otherwise noted. >EULA | Situs Web Zahir Lainnya | Tentang Zahir
Catatan: Situs web ini mengandung konten yang mensyaratkan Anda terdaftar dan login agar Anda dapat mengakses penuh.